Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Keterampilan Diversifikasi Produk Perikanan: Bakso dan Nugget dari Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Indralaya Raya, Kabupaten Ogan Ilir

Penulis

  • Siti Hanggita Rachmawati Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Dwi Inda Sari Program Studi Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Agus Supriyadi Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Sherly Ridhowati Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.1129

Kata Kunci:

Diversifikasi, Ikan Nila, Perikanan

Abstrak

Masyarakat kelurahan Indralaya Raya, Kabupaten Ogan Ilir merupakan wilayah yang padat penduduk dengan jumlah penduduk sebanyak 7.079 jiwa. Kendala umum yang dirasakan yaitu tingkat pengetahuan masyarakat yag masih rendah terutama dalam menghasilkan pengolahan produk olahan hasil perikanan yang bermutu. Salah satu upaya untuk meningkatkan pengembangan masyarakat Kabupaten Ogan Ilir berdasarkan potensi yang dimiliki yaitu peningkatan pemahaman dan pengetahuan dalam produksi pangan dengan pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat yaitu kegiatan pelatihan diversifikasi produk hasil perikanan berupa bakso dan nugget dari ikan Nila (Oreochromis niloticus). Kedua produk ini dipilih karena tingginya minat masyarakat akan produk tersebut. Metode yang dilakukan adalah demonstrasi melalui pelatihan, praktek, dan pendampingan mengenai peningkatan keterampilan masyarakat dalam menghasilkan produk olahan yang bermutu dan bergizi dengan teknologi yang tepat. Masyarakat sasaran mengikuti kegiatan pengabdian dengan antusias dan aktif. Peserta pelatihan ikut mempraktekan pembuatan produk hasil perikanan. Kegiatan bersifat dua arah, sehingga peserta dapat melakukan diskusi jika terdapat kendala dalam melakukan diversifikasi produk. Kegiatan pengabdian masyarakat diharapkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pengolahan hasil perikanan. Dengan demikian dapat meningkatkan konsumsi protein ikan di masyarakat, dapat dijadikan sebagai kelompok usaha sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Referensi

Herawati E.S. (2002). “Pengolahan Ikan Secara Tradisional: Prospek dan Peluang Pengembangan”. J. Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Vol 21 No 3.

Ismanadji I, dan Sudari. (1985). “Petunjuk Pengolahan bakso ikan dalam rangka diversifikasi pengolahan hasil perikanan”. Dirjen Perikanan bekerjasama dengan Internasional Development Research Centre. Jakarta.

Kurniawan, Fahmy. (2017). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Tahu Tuna Pak Ran Pacitan”. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rulinda. (2020). “Karakteristik Mutu Bakso Ikan Gabus (Channa Striata) Dengan Penambahan Tepung Agar-Agar”. Sripsi. Fakultas Perikanan dan Kelautan, UniversitasRiau.

Diterbitkan

20-04-2024

Cara Mengutip

Rachmawati, S. H., Sari, D. I., Supriyadi, A., & Ridhowati, S. (2024). Pemberdayaan Masyarakat melalui Peningkatan Keterampilan Diversifikasi Produk Perikanan: Bakso dan Nugget dari Ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Indralaya Raya, Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 4(3), 567–572. https://doi.org/10.54082/jamsi.1129