Peningkatan Pelayanan BMT Bina Umat Mandiri (BUM) Kota Tegal Melalui Pelatihan Training of Trainer

Penulis

  • Catur Wahyudi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Setyowati Subroto Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Mohammad Arridho Nur Amin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Ira Maya Hapsari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Mei Rani Amalia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia
  • Agnes Dwita Susilawati Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pancasakti Tegal, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.172

Kata Kunci:

BMT BUM, Cross Selling, Pelayanan, Trainig of Trainer

Abstrak

BMT Bina Umat Mandiri cabang tegal memiliki kekurangan dalam pelayanan kepada nasabah, serta selama ini tidak menggunakan teknik cross selling dalam pelayanannya, hasil observasi tim pengabdian menemukan tidak adanya pelatihan mendalam mengenai service excellent dan teknik cross selling yang diterapkan oleh customer service dan marketing BMT BUM Kota Tegal, hal tersebut membuat pertumbuhan dana anggota di BMT BUM Kota Tegal tidak maksimal. Melihat kondisi ini tim pengabdian UPS Tegal melakukan Training of Trainer (ToT) ini untuk memberikan pengetahuan serta praktek langsung bagi kepala bagian maupun kepala cabang mengenai pelayanan serta kemampuan dalam melakukan service excellent dan teknik cross selling terhadap produk yang BMT BUM Kota Tegal jual. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ToT dilakukan dengan metode penyuluhan dan demonstrasi kepada kepala cabang dan kepala bagian di setiap kantor kas di Kota Tegal yang nantinya kepala cabang serta kepala bagian tersebut memberikan pelatihan kepada staff frontliner masing-masing kantor kas, Kegiatan ini dihadiri narasumber berasal dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal. Manfaat yang diperoleh peserta dari kegiatan PKM ini antara lain agar dapat lebih baik lagi dalam pelayanan kepada anggota maupun calon anggota BMT BUM, serta mengoptimalkan pertumbuhan yang didapatkan melalui strategi cross selling yang dilakukan oleh seluruh karyawan BMT BUM Kota Tegal khususnya pada Customer Service pada setiap cabang BMT BUM Kota Tegal.

Referensi

Al Arif, N. R. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.

Awalin, F. R. (2017). Strategi Cross Selling Dalam Rangka Penghimpunan Dana Pihak Ketiga (Studi Pada Customer Service Di BTN Kantor Cabang Syari’ah Tegal) Cross Selling Strategy In The Framework Of Third Party Fund Purchasing (Study On Customer Service At BTN Kantor Cabang Syari’ah Tegal) (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Barata, A. A. (2003). Dasar-dasar pelayanan prima. Elex Media Komputindo.

Knott, A., Hayes, A., & Neslin, S. A. (2002). Next‐product‐to‐buy models for cross‐selling applications. Journal of interactive Marketing, 16(3), 59-75.

Nurlia. (2018). STRATEGI PELAYANAN DENGAN KONSEP SERVICE EXCELLENT Nurlia. Meraja Journal, 1(2), 17–30.

Pamungkas, A., Murdiati, S., & Tegal, U. P. (n.d.). H ubungan K esadaran , P engetahuan dan P emahaman , dan Kualitas Pelayanan D engan K emauan M embayar P ajak B umi dan B angunan di Desa D ukuhturi K ecamatan D ukuhturi K abupaten T egal.

Semil, N. (2018). Pelayanan prima instansi pemerintah: kajian kritis pada sistem pelayanan publik di Indonesia. Prenada Media.

Silvanita, F. F. (2021). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG PADA BMT BUM CABANG ADIWERNA (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Diterbitkan

05-01-2022

Cara Mengutip

Wahyudi, C., Subroto, S., Amin, M. A. N., Hapsari, I. M., Amalia, M. R., & Susilawati, A. D. (2022). Peningkatan Pelayanan BMT Bina Umat Mandiri (BUM) Kota Tegal Melalui Pelatihan Training of Trainer. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 101–106. https://doi.org/10.54082/jamsi.172