Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai

Penulis

  • M. Faisal Husna Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, FKIP, UMN Al Washliyah, Indonesia
  • Tri Reni Novita Program Studi Ilmu Hukum, FH, UMN Al Washliyah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.196

Kata Kunci:

COVID-19, Literasi Digital, Pembentukan Karakter

Abstrak

Dampak COVID-19 bagi Pendidikan adalah pembelajaran melalui daring yang dilakukan guru dengan siswa. Banyak keluhan yang disampaikan orang tua siswa kepada pihak sekolah terkait pembelajaran daring dan salah satunya di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai. Keluhan tersebut berupa penggunaan gadget yang sulit diawasi, menurunnya minat belajar hingga perilaku anak yang dinilai kurang menghargai orang lain. Kemudahan akses dalam penggunaan gadget membuat anak keasyikan sehingga mengabaikan aktifitas lainnya seperti mengerjakan tugas sekolah, mengerjakan ibadah, membantu orang tua, bahkan sampai kepada ketidak pedulian anak ketika dipanggil orang tuanya sehingga dikhawatirkan berdampak pada karakter anak di masa yang akan datang. Mengingat siswa/i MTs Uswatun Hasanah Mirza merupakan sekolah berbasis pendidikan agama yang memiliki visi terwujudnya warga madrasah yang Disiplin, Cerdas, Terampil dan Berakhlaq Mulia serta memiliki Daya Saing di Tingkat Nasional maka penting untuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tema literasi digital dalam pembentukan karakter. Melalui metode ceramah dengan teknik presentasi materi dan diskusi, kegiatan ini memberikan semangat dan antusias siswa di mana 75% memahami dengan baik materi yang disampaikan dan hasilnya siswa bersedia menjadi duta kampanye gerakan literasi digital dalam pembentukan karakter yang berlandaskan Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika di sekolahnya.

Referensi

Administrator. (2019). Pendidikan Karakter: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Urgensinya. SMK Widya Nusantara. https://smkwidyanusantara.sch.id/read/5/pendidikan-karakter-pengertian-fungsi-tujuan-dan-urgensinya.

Ahlah, S., & Melianah, Melianah. (2020). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id.

Monggilo, Z.M.Z., Kurnia, N., & Banyumurti, I. (2020). Panduan Literasi Media Digital dan Keamanan Siber: Muda, Kreatif, dan Tangguh di Ruang Siber. Jakarta: Badan Siber dan Sandi Negara.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T.I., Nento, M.N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q.S. (2017). Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurhajati, L., Wijayanto, X.A., & Fitriani, L.R. (2019). Panduan Menjadi Jurnalis Warga yang Bijak Beretika. Jakarta : Penerbit LP3M LSPR.

Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter. Jakarta: Esensi.

Savitra, K. (2017). 15 Pengertian Karakter Menurut Para Ahli. https://dosenpsikologi.com/pengertian-karakter-menurut-para-ahli.

Sekretariat TIM GLN Kemdikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wikipedia. (2021). Literasi Digital. Ensiklopdedia Bebas. https://id.wikipedia.org/wiki/Literasi_digital

Diterbitkan

21-01-2022

Cara Mengutip

Husna, M. F., & Novita, T. R. (2022). Literasi Digital dalam Pembentukan Karakter Siswa di MTs Uswatun Hasanah Mirza Kota Binjai. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 227–234. https://doi.org/10.54082/jamsi.196