Pelatihan Teknik Pembuatan Animasi Berbasis Stop Motion di SMP N 2 Kasihan Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54082/jamsi.222Kata Kunci:
Animasi, SMP N 2 Kasihan, Sony Vegas, Stop MotionAbstrak
Bagi seorang dosen, pengabdian pada masyarakat adalah suatu kewajiban yang dilakukan untuk memenuhi tri dharma pendidikan. Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang penulis laksanakan berada di SMP N 2 Kasihan. PPM yang telah dilaksanakan berupa pelatihan untuk membuat film animasi berbasis Stop Motion. Tujuan utama dari Pengabdian Pada masyarakat (PPM) di SMP N 2 Kasihan adalah memberikan pelatihan mengenai teknik pembuatan film animasi berbasis Stop Motion. Detail dari pelatihan pada PPM yang dilakukan antara lain memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang proses pembuatan film animasi, memeperluas wawasan dan di harapkan mampu membuat suatu karya sendiri. Adapun metode yang digunakan pada PPM Pelatihan pembuatan film animasi berbasis Stop Motion antara lain mengadakan ceramah, diskusi, dan mengadakan pelatihan/workshop. Pada PPM yang telah dilakukan menggunakan tools dalam pembuatan film animasi. Tools yang dipilih pada penelitian adalah Sony Vegas. Target yang ingin dicapai pada pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa SMP N 2 Kasihan dalam memanfaatkan software pengolah film animasi.
Referensi
Amri, T. S. (2013). 2013 IMPLEMENTASI TEKNIK STOP MOTION PADA PEMBUATAN VIDEO KLIP CHOICE BAND SEBAGAI MEDIA PROMOSI KREATIF.
Halim, A. E., Russel, J., & Nathanael, K. (2021). Analysis on Laika’s Puppets in Kubo and the Two Strings: A Stop-motion Animated Feature. IMOVICCON Conference Proceeding, 2(1), 46–53. https://doi.org/10.37312/imoviccon.v2i1.35
Husniah, L., Prihatiningtyas, S., & Putra, I. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video stop motion materi fluida statis. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 7(1), 15. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v7i1.14625
Nadya. (2012). Kajian Perkembangan Animasi Stopmotion Di Indonesia. Jurnal RUPARUPA, 1(2), 77–80. http://www.sfi.se
Novianti, R., Hukmi, & Maria, I. (2019). GENERASI ALPHA – TUMBUH DENGAN GADGET DALAM GENGGAMAN. JURNAL EDUCHILD, 8(2), 65–70.
Pramono, W., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2017). Perbandingan Metode Frame By Frame Dan Expression Dalam Pembuatan Animasi Dua Dimensi. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2017, November, 1–2.
Prihatiningtyas, I., Prasetyo, S. A., & Widyaningrum, A. (2020). Daya Tangkap Siswa SD dan Orangtua Terhadap Film Animasi Kubo and The Two Strings. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 394. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28999
Purwanti, R., & Natanael, R. (2016). Video Animasi Stop Motion Sebagai Media Pembelajaran Pada Kampanye Pengenalan Tertib Berlalu Lintas Bagi Remaja Pengendara Sepeda Motor. Widyakala, 3(1), 1–8.
Qamariah, W., Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan animasi stop motion pembuatan cake pepaya submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 6(2), 267–279. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/682
Rahmi, A. D., & Octarya, Z. (2020). Desain Dan Uji Coba Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Berbasis Saintifik Pada Materi Ikatan Kimia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 122. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss2/509
Supriyadi. (2019). Perancangan Animasi Stopmotion Pangeran Diponegoro Berbasis Sinematografi. Jurnal Komunikasi, 10(2), 145–152. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i2.6181
Tafonao, T., Saputra, S., & Suryaningwidi, R. (2020). Learning Media and Technology : Generation Z and Alpha. Indonesian Journal of Instructional Media and Model, 2(2), 89–100.
Wardani, S. M. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO STOP MOTION PADA PELAJARAN DASAR-DASAR DESAIN KRIYA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Issue April).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Tri Hastono, Firdiyan Syah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.