Pelatihan Pembuatan dan Aplikasi Pestisida Nabati dari Ekstrak Daun Kersen (Muntingia calabura L.) pada Pembibitan Tanaman Hortikultura di Kota Pontianak

Penulis

  • Setiawan Setiawan Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti, Indonesia
  • Ismail Astar Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti, Indonesia
  • Sherly Oktarianty Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.234

Kata Kunci:

Daun Kersen, Kutu Wol, Pestisida Nabati

Abstrak

Pembibitan tanaman hortikultura di Kota Pontianak dihadapkan pada serangan hama seperti kepik dan kutu wol yang muncul pada musim penghujan. Hama ini akan sangat berdampak buruk pada tanaman yang sedanag dikembangkan. Tempat-tempat pembibitan tanaman samapai saat ini masih menggunakan bahan kimia untuk melakukan pengendalian hama secara cepat dapat berakibat terhadap ekosistem setempat yang makin buruk. Keadaan ini memerlukan inovasi baru yaitu pestisida organik dalam mengatasi peningkatan serang hama. Penerapan teknologi pertanian khususnya dalam pemanfaatan ekstrak daun kersen (Muntingia calabura L.) untuk mengendalikan hama kutu wol dapat meminimalisir kendala tersebut. Oleh karena itu perlunya melakukan penyuluhan dan pelatihan terhadap mitra kegiatan dalam usaha pembibitana tanaman hortikultura khususnya buah-buhan lokal secara berkelanjutan. Kegiatan pengabdian ini dikuti oleh beberapa pengusaha pembibitan yang ada di Kota Pontianak. Pelatihan pembuatan pestisida nabati dari daun kersen dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mitra dalam penggunaan pestisida nabati dalam membasmi hama kutu woL. Peningkatan pemahaman bagi peserta dilakukan dengan metode ceramah dan demonstrasi pembuatan dan aplikasi pestisida nabati dari daun kersen. Pemanfaatan ekstrak daun kersen dapat dijadikan sebagai pestisida nabati untuk penanggulangan hama kutu wol pada pembibitan tanaman yang dikembangkan oleh mitra dan mengurangi pengeluaran dalam pengendalian hama.

Referensi

Agrios, G., 1996, Ilmu Penyakit Tumbuhan. Gajah Mada University Press: Yogyakarta.

Indriati, G dan Khaerati 2008, Pengendalian serangga vektor Ferrisia virgata pada tanaman lada dengan pestisida nabati, Buletin RISTRI 1 (2): 101-104.

Isnarianti, R., Ivan A. Wahyudi, Rini M. Puspita, 2013, Muntingia calabura L Leaves Extract Inhibits Glucosyltransferase Activity of Streptococcus mutans, Journal of Dentistry Indonesia 2013, VoL. 20, No. 3, 59-63.

Nasution, B, Arifin.,2015, Keanekaragaman Spesies Kutu Putih (Hemiptera: pseudococcidae) pada tanaman buah-buahan di bogor. Skripsi Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Suharto, 2007, Pengenalan dan Pengendalian Hama Tanaman Pangan, Andi offset. Yogyakarta.

Diterbitkan

29-01-2022

Cara Mengutip

Setiawan, S., Astar, I., & Oktarianty, S. . (2022). Pelatihan Pembuatan dan Aplikasi Pestisida Nabati dari Ekstrak Daun Kersen (Muntingia calabura L.) pada Pembibitan Tanaman Hortikultura di Kota Pontianak . Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 355–360. https://doi.org/10.54082/jamsi.234