Pengelolaan Produk Higienis dan Penerapan e-Commerce pada IRT Ga’de Buahta’ di Kota Makassar

Penulis

  • Fitriani Hasbullah Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Heryanti Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Roufur Rohim Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Sitti Ajriana Amin Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • Shulfiani Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia
  • St. Hajrah Mansyur Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Muslim Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.30

Kata Kunci:

Manisan, website, packaging, digital, pemasaran

Abstrak

Manisan buah merupakan makanan olahan yang banyak disukai oleh masyarakat karena mempunyai rasa yang manis bercampur dengan rasa khas buah. Pengolahan buah menjadi manisan memiliki daya tarik tersendiri sehingga cocok dinikmati diberbagai kesempatan namun permintaan produksi manisan mengalami pengurangan produksi yang diakibatkan kecilnya permintaan dari para pelanggan karena wabah Covid-19. Hal utama yang menjadi permasalahan mitra adalah proses produksi masih dilakukan secara konvensional dengan metode dan peralatan yang sederhana. Hal tersebut berdampak kepada nilai jual produk manisan yang dianggap biasa di kalangan masyarakat. Selain itu, belum adanya penerapan sistem berbasis digital yang dapat meningkatkan proses pemasaran manisan buah. Hasil dari kegiatan ini adalah sebuah perancangan dan penerapan aplikasi pemasaran digital dengan nama aplikasi e-CandiedFruitMart berbasis website yang berfungsi untuk proses manajemen bisnis sehingga dapat menghasilkan proses pencatatan, transaksi dan pelaporan secara detail dan sistematis. Berdasarkan data yang diperoleh dari 34 responden dari proses pengabdian kepada masyarakat melalui penyebaran kuesioner pengolahan manisan diperoleh 34 responden yang menyatakan bahwa tingkat keberhasilan sebesar 65,7% dan dari segi website diperoleh tingkat keberhasilan sebesar 69,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari proses pengabdian kepada masyarakat ini dapat membantu mitra dalam proses pengolahan dan pemasaran manisan ditengah wabah pandemi covid-19.      

Referensi

E. Fitriya et al., (2017) Analisis kelayakan usaha manisan buah di desa teupin punti kecamatan syamtalira aron kabupaten aceh utara 1, vol. 1, no. 1, pp. 70–76.

Komarayanti., Sawitri., (2017). Ensiklopedia Buah-Buahan Lokal Berbasis Potensi Alam Jember. Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi (2): 61-75.

Rahmawati., Noni Mulyono., Herry., (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran berbasis Web pada Toko Billy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi. (1):104-116.

Diterbitkan

10-09-2021

Cara Mengutip

Hasbullah, F., Heryanti, H., Rohim, R., Amin, S. A., Shulfiani, S., & Mansyur, S. H. (2021). Pengelolaan Produk Higienis dan Penerapan e-Commerce pada IRT Ga’de Buahta’ di Kota Makassar. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 69–82. https://doi.org/10.54082/jamsi.30