Strategi Digitalisasi UMKM Kota Ternate dalam Menghadapi Pandemi COVID-19

Penulis

  • Yetty Yetty Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Khairun, Indonesia
  • Abdurrahman Senuk Ilmu Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Khairun, Indonesia
  • Rheza Pratama Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Khairun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.524

Kata Kunci:

Digitalisasi, Strategi, UMKM

Abstrak

Hampir diseluruh wilayah Indonesia situasi pandemi COVID-19 bahkan berdampak pada penutupan sementara atau penundaan layanan kesehatan dan publik. Pandemi COVID-19 juga memberi dampak besar bagi perekonomian di seluruh Indonesia termasuk di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Permasalahan ditemukan dua masalah utama yang dihadapi Mitra, yaitu proses digitalisasi bisnis yang belum optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini adalah metode partisipatif. keikutsertaan, peran serta atau keterlibatan yang berkitan dengan keadaaan lahiriahnya Pengertian prinsip partisipasi adalah masyarakat berperan secara aktif dalam tahapan program dan pengawasannya, mulai dari tahap sosialisasi, perencanaan, pelaksanaan, dan pelestarian kegiatan dengan memberikan sumbangan tenaga, pikiran, atau dalam bentuk materil. Program ini punya dampak dan solusi dari Digitalisasi UMKM pada masa pandemi COVID-19 di Kota Ternate adalah Banyak UMKM yang mengalami berbagai permasalahan seperti penurunan penjualan, permodalan, distribusi terhambat, kesulitan bahan baku, produksi menurun dan terjadinya banyak pemutusan hubungan kerja untuk pekerja dan buruh yang kemudian menjadi ancaman bagi perekonomian Daerah. Berdasarkan pada hasil post-test yang dilakukan oleh Tim PKM ada terdapat peningkatan yang signifikan sebelum dan sesudah pelatihan ini dilaksanakan. Nilai tertinggi adalah 100% dan terendah adalah 27%. Sehingga dapat digambarkan bahwa pelatihan yang telah diberikan mampu memberikan tambahan pengetahuan tentang digital marketing untuk para peserta.

Referensi

Adzari, S. (2020). Evaluasi dan Kendala Pengawasan Post Market Pangan Olahan Industri Rumah Tangga oleh BPOM RI

Andriany, D., Hasibuan, L. S., & Rahayu, S. E. (2018). Pengembangan model pendekatan partisipatif dalam memberdayakan masyarakat miskin kota Medan untuk memperbaiki taraf hidup. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Brata, B. H., Husani, S., & Ali, H. (2017). The Influence of Quality Products, Price, Promotion, and Location to Product Purchase Decision on Nitchi At PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta. Saudi Journal of Business and Management Studies, 2(4B), 433–445. https://doi.org/10.21276/sjbms

Elia, G., Margherita, A., & Passiante, G. (2020). Digital entrepreneurship ecosystem: How digital technology and collective intelligence are reshaping the entrepreneurial process. Technological Forecasting and Social Change,150, 11979.

Hafel, M., Umasugi, M., & Pratama, R. (2021). Scale Up Aspek Manajerial UMKM Kota Ternate di Masa Pandemi. Jurnal Abdidas, 2(6), 1289-1294.

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding, 9(1).

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Deepublish.

Wijoyo, H. (2020). Digitalisasi umkm pasca pandemi COVID-19 di riau. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara, 12-16.

Yetty, Y., Pratama, R., & Fahri, J. (2020). Pengembangan Ekowisata dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Lokal di Desa Maitara Tengah Kecamatan Tidore Utara. Jurnal Abdidas, 1(5), 442-449.

Yuningsih, S., Sudya, R., Amhal, H. I., & Gupitasari, F. (2021). Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Mie Ayam Melalui Sistem Digitalisasi Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Wilayah Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Diterbitkan

05-11-2022

Cara Mengutip

Yetty, Y., Senuk, A., & Pratama, R. (2022). Strategi Digitalisasi UMKM Kota Ternate dalam Menghadapi Pandemi COVID-19. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1815–1822. https://doi.org/10.54082/jamsi.524