Peningkatan Kemampuan dan Pemahaman Metode Kualitatif dan Kuantitatif pada Dosen IAIS Lumajang

Penulis

  • Salma Fauziyyah Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia
  • Imam Suroso Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia
  • Agus Priyono Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.552

Kata Kunci:

Kualitatif, Kuantitatif, Metode Penelitian

Abstrak

Peranan teknologi yang semakin berkembang, menjadi salah satu penunjang dalam sebuah penelitian. Sehingga pengetahuan akan metode kualitatif dan kuantitatif harus lebih didalami agar dapat bersinergi dengan perkembangan teknologi yang diterapkan. Hal tersebut bisa dicapai dengan pengenalan program paket metode kualitatif dan kuantitatif yang digunakan seorang dosen untuk membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah memberikan pemahaman dan pengetahuan pada dosen dalam penerapan paket metode kualitatif dan kuantitatif serta dapat mengapliksikan model-model kualitatif dan kuantitatif dalam rangka membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir. Para masyarakat akademisi (dosen) Institut Agama Islam Syarifudin (IAIS) Lumajang mengikuti dan mendengarkan materi dengan baik dan tertib. Secara umum kegiatan penyuluhan dan sosialisasi ini berjalan lancar dan mendapat dukungan dari pihak pengelola sehingga kegiatan ini berhasil dilaksanakan tanpa kendala yang berarti.

Referensi

Ardianingsih, A, & Yunitarini, S. (2012). Etika, Profesi Dosen dan Perguruan Tinggi: Sebuah Kajian Konseptual. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Maret. 10 (01): 38-46.

Azmy, A. (2015). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Untuk Mencapai Career Ready Professional Di Universitas Tanri Abeng. Binus Business Review. Agustus. 6 (2): 220-232.

Fatkuroji. (2013). Analisis Determinasi Minimnya Minat Dosen Dalam Penelitian. Magistra. Maret. 4 (1): 33-50.

Muhardi. (2000). Keterpaduan Unsur Lembaga, Dosen dan Mahasiswa Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Mimbar Unisba. 63-82.

Noor, Zulki Zulkifli. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Petunjuk Praktis untuk Penyusunan Skripsi, Tesis, dan DIsertasi). Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Nurchayati, N. (2012). Persepsi Mahasiswa Terhadap Profesionalisme Dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 Semarang. Serat Acitya. 1-11.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tambun, S. (2022). Peningkatan Kapasitas Dosen dan Mahasiswa dalam Pemanfaatan Software Lisrel di STT Renatus Pematang Siantar. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(1), 47–51. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i1.97

Diterbitkan

08-11-2022

Cara Mengutip

Fauziyyah, S., Suroso, I., & Priyono, A. (2022). Peningkatan Kemampuan dan Pemahaman Metode Kualitatif dan Kuantitatif pada Dosen IAIS Lumajang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(6), 1883–1888. https://doi.org/10.54082/jamsi.552

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.