Sosialisasi Pola Makan Sehat pada Masyarakat di Desa Bola Bulu Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan

Penulis

  • Emanuel Omedetho Jermias Program Studi Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Abdul Rahman Program Studi Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Firdaus W. Suhaeb Program Studi Pendidikan Antropologi, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.637

Kata Kunci:

Gizi Seimbang, Makanan Sehat, Pembangunan Kesehatan

Abstrak

Dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005–2025, disebutkan bahwa pembangunan kesehatan pada hakikatnya adalah upaya yang dilaksanakan oleh semua komponen bangsa Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Kebijakan tersebut tentu harus didukung oleh semua pihak, termasuk dari kalangan akademisi perguruan tinggi. Perhatian tersebut kemudian diimplementasikan dengan cara melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai bagian dari tridarma perguruan tinggi. Adapun kegiatan pengabdian ini dilakukan di Desa Bola Bulu, Kecamatan Pitu Riase Kabupaten Sidenreng Rappang. Kegiatan ini bertujuan memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat. Metode yang diterapkan pada pengabdian ini ialah observasi, sosialisasi, diskusi, dan tatap muka secara langsung. Kegiatan pengabdian ini berlangsung secara baik dan diikuti secara antusias oleh para warga yang dijadikan sebagai khalayak sasaran. Materi yang disampaikan berhasil dipahami oleh masyarakat dan berkomitmen untuk lebih memperhatikan menu makanan yang akan disajikan terhadap anggota keluarga. Dari 27 peserta, secara umum memberikan jawaban setuju terhadap pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner, kecuali yang terlait dengan perilaku merokok. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Bola Bulu menginginkan hidup sehat dengan cara mencari informasi yang terkait dengan kesehatan dari pihak-pihak yang memiliki kompetensi.

Referensi

Agustin, K. (2022). Pengaruh Activity Daily Living Terhadap Peningkatan Prevalensi Penyakit Degeneratif Pada Wanita Masa Klimakterium Di Dukuh Ngringin, Bangsri, Karangpandan. Jurnal Ilmiah Maternal, 6(1).

Cahyani, N., & Anisa, N. R. (2020). Pengaruh Pola Makan Dan Hipertensi Terhadap Kejadian Penyakit Stroke Di Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 15(2), 117–123.

Hasnawati, S. (2021). Hipertensi. PENERBIT KBM INDONESIA.

Khoeriyah, R. Y. (2021). Regresi Terboboti Geografis Semiparametrik (RTG-S) untuk Pemodelan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Jurnal Riset Statistika, 43–50.

Mahendra, A. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan Dan Kesehatan, Inflasi Dan Kemiskinan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Moderating Di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 174–186.

Marewa, L. W. (2015). Kencing Manis (Diabetes Mellitus) di Sulawesi Selatan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Nugroho, I. (2021). Reviu Strategi Pencegahan Perilaku Berisiko pada Pemuda di RPJMN 2020-2024. Salus Cultura: Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan, 1(2), 129–141.

Slamet, B., Zaitunah, A., Ahmad, A. G., & Arisandi, D. (2021). Spatial Information Technology Adoption for Developing Data Base of Village Resources. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 381–391.

Sugianti, E. (2020). Evaluasi Program Perbaikan Gizi Berbasis Pemberdayaan Masyarakat dalam Pos Gizi di Kabupaten Bojonegoro. CAKRAWALA, 14(2), 113–128.

Sulaeman, S. (2022). The Effect of Hypertension Self-Management on Blood Pressure of Hypertension Patients In Lancirang Puskesmas, Sidenreng Regency, Rappang. Science Education and Learning Journal, 2(1 (Mei)), 109–116.

Suradji, S. I., Najib, A., & Ahmad, A. R. (2016). Studi Komparasi kadar flavonoid total pada bunga rosella merah (Hibiscus sabdariffa L.) asal Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi Selatan dan Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur. Jurnal Fitofarmaka Indonesia, 3(2), 175–181.

Ulfah, I. F., & Nugroho, A. B. (2020). Menilik Tantangan Pembangunan Kesehatan di Indonesia: Faktor Penyebab Stunting di Kabupaten Jember. Sospol: Jurnal Sosial Politik, 6(2), 201–213.

Utama, T. A., Himalaya, D., & Rahmawati, S. (2020). Evaluasi Penerapan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Di Kota Bengkulu. Journal of Nursing and Public Health, 8(2), 91–99.

Diterbitkan

16-02-2023

Cara Mengutip

Jermias, E. O., Rahman, A. ., & Suhaeb, F. W. (2023). Sosialisasi Pola Makan Sehat pada Masyarakat di Desa Bola Bulu Kabupaten Sidenreng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2), 517–524. https://doi.org/10.54082/jamsi.637