Bantuan Teknis Perencanaan dan Pemrograman Irigasi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung

Penulis

  • Andri Kurniawan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Hayu Rahayu Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia
  • Ahmad Hidayawan Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Batik Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.727

Kata Kunci:

Dana Alokasi Khusus, Irigasi, Perencanaan dan Pemrogaman

Abstrak

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan membatu dinas dalam rangka pengelolaan dana alokasi khusus infrastruktur daerah bidang irigasi. Bantuan yang dilakukan kepada pemerintah daerah berupa pendampingan pelaksanaan kegiatan perencanaan dan pemrograman bidang irigasi. Kendala yang dihadapi pemerintah daerah dalam menyiapkan desain penanganan yang akan diusulkan pada penerimaan dana alokasi khusus adalah kurang lengkapnya perencanaan yang dilakukan serta tidak sesuainya hasil perencanaan dengan hasil penilaian bangunan dari hasil survei, inventarisasi dan penilaian bangunan irigasi yang dilakukan sebelumnya. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dengan dua tahap di mana tahap pertama dilakukan evaluasi pemahaman dengan dilakukan diskusi serta Tanya jawab terkait perencanaan dan pemrograman dalam bidang irigasi. Sedangkan tahap berikutnya dilakukan evaluasi lapangan terhadapat usulan dengan membandingkan dengan data dari survei dan penilaian bangunan aset irigasi. Dari hasil tersebut nantinya pemerintah daerah dapat menindaklanjuti kekurangan saat evaluasi. Metode penilaian yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah menilai secara pemahaman sebelum dan sesudah kegiatan diskusi dan tindak lanjut dari hasil evaluasi di lapangan. Hasil kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman yang dimiliki oleh Dinas Sumber Daya Air Lampung akan tetapi untuk perbaikan dari hasil evaluasi belum berjalan maksimal dikarenakan keterbatasan sumber daya manusia.

Referensi

Barkah Lestari. (2005). Sistem Penilaian Pembelajaran Ekonomi. JunalEkonomi & Pendidikan , Volume 1 Nomor 2, Mei 2005

Direktorat Pengairan dan Irigasi kementerian PPN/BAPPENAS (2022). Laporan Diksusi OP Irigasi

Peraturan Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat republik indonesia "nomor 5 tahun 2022 tentang Petunjuk operasional pengelolaan dana alokasi khusus fisik infrastruktur pekerjaan umum dan perumhan rakyat tahun anggaran 2022.

Peraturan Menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat republik indonesia tentang Kriteri perencanaan irigasi tahun 2013.

Permen PUPR Nomor 14/PRT/M/2015 tentang Kriteria dan Penetapan Status Daerah Irigasi

Rafiq, M. (2015). Training Evaluation in an Organization using Kirkpatrick Model: A Case Study of PIA. Journal of Entrepreneurship & Organization Management, Vol. 04 (03).

Suardipa, I. P. & Primayana, K. H. (2020). Peran Desain Evaluasi Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Widyacarya, Vol. 4, No. 2.

Sukardi, M. 2015. Evaluasi Pendidikan (Prinsip dan Operasionalnya). Cet. 8. Jakarta: Bumi Aksara.

Diterbitkan

08-04-2023

Cara Mengutip

Kurniawan, A., Rahayu, H., & Hidayawan, A. (2023). Bantuan Teknis Perencanaan dan Pemrograman Irigasi Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Lampung. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 793–800. https://doi.org/10.54082/jamsi.727