Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana pada Pelaku UMKM Omah Jamu Jati Husada Mulya Sedayu Bantul Yogyakarta

Penulis

  • Aisyah Khallossa Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia
  • Ika Wulandari Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.785

Kata Kunci:

Laporan Keuangan, Pelatihan, Pengabdian Masyarakat

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini dilakukan di Padukuhan Watu, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta, pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana pada pelaku UMKM Omah Jamu Jati Husada Mulya (JHM). Latar belakang pelaksanaan kegiatan dikarenakan tingkat pemahaman pengelola keuangan UMKM terhadap pentingnya penyusunan laporan keuangan secara detail dan tepat masih rendah. Pengelola keuangan juga belum memanfaatkan teknologi dengan menggunakan Microsoft Excel untuk mempermudah menyusun laporan keuangan sederhana. Tujuan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, dan pelatihan mengenai pentingnya menyusun laporan keungan sederhana dengan detail dan memperkenalkan Microsoft Excel. Pelaksanaan pengabdian ini diikuti oleh 8 pengelola keuangan Kelompok Usaha Omah Jamu JHM. Pelaksanaan pelatihan dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2023. Metode yang digunakan adalah pelatihan dengan pemberian materi, praktik menyusun laporan keuangan sederhana, diskusi, dan evaluasi. Sebelum dilakukan pelatihan hanya sekitar 37% dari peserta pelatihan yang memahami manfaat penyusunan laporan keuangan, setelah pelatihan jumlahnya meningkat menjadi 100%. Sebelum pelatihan, sebanyak 37% peserta mengetahui cara menyusun laporan keuangan dengan baik, setelah pelatihan bertambah menjadi 88%. Sebelum dilakukan pelatihan, 25% peserta yang sudah melakukan penyusunan laporan keuangan dengan Excel meningkat menjadi 75%.

Referensi

Harahap, S. S. (2015). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Edisi kesebelas, Jakarta: Rajawali Pers.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (Cetakan Kedua). Jakarta: Ikatan Akuntan Indonesia.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. 12th ed. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Mandey, M. J., Saerang, D. P., & Pusung, R. J. (2018). Studi Kuantitatif Tentang Manfaat dan Kerugian dalam Penyusunan Laporan Keuangan pada UD Mitra Pelita. Jurnal Riset Akuntansi Going Concern 13(2), 589-598.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 (2015:2)

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.1 (2015:3)

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah

Diterbitkan

12-05-2023

Cara Mengutip

Khallossa, A., & Wulandari, I. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana pada Pelaku UMKM Omah Jamu Jati Husada Mulya Sedayu Bantul Yogyakarta. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(3), 983–988. https://doi.org/10.54082/jamsi.785

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.