Pelatihan Public Speaking bagi Content Creator di MAN 1 Kota Semarang

Penulis

  • Hilma Ilmy Nur A Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Cindy Friskasari Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Seftiana Wulan Sabilla Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Zyahra Fuadilah Putri Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Veva Farika Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia
  • Yofiendi Indah Indainanto Ilmu Komunikasi Universitas Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jamsi.846

Kata Kunci:

Content Creator di MAN 1 Kota Semarang, Media Massa, Pelatihan

Abstrak

Berkreasi dan Berinovasi dalam berusaha menjadi satu upaya dalam mengoptimalkan perputaran roda perekonomian. Para siswa dituntut untuk berwirausaha diharapkan dapat membantu proses menjadi pengusaha yang mampu bersaing diberbagai sektor usaha yang ada saat ini. Sehingga team pengabdian kepada masyarakat berinisiasi untuk berkegiatan dengan judul Pelatihan Public Speaking Bagi Content Creator di MAN 1 Kota Semarang. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring, lebih dari 30 siswa MAN 1 Kota Semarang. Seminar ini dilakukan dengan menggunakan berbagai metode: Penyampaian materi, diskusi dan Pelatihan. Materinya berupa Public Speaking bagi Content Creator. Evaluasi kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan beberapa wawancara pada Guru Pendamping dan Siswa, yang bertujuan untuk seberapa pemahaman para peserta dan berkenaankah dengan kegiatan pelatihan ini. Hasil pada akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu meningkatnya ketrampilan dan pemahaman para siswa mengenai public speaking bagi content creator. Berdasarkan temuan masalah tersebut, kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas Semarang Program Studi Ilmu Komunikasi, berkomitmen untuk membekali siswa dengan pelatihan publik speaking untuk content creator MAN 1 Kota Semarang. Dengan demikian, judul pengabdian kepada masyarakat semester gasal 2023/2024 adalah Pelatihan Public Speaking Bagi Content Creator di MAN 1 Kota Semarang.

Referensi

Aisyah, S. (2017). Public Speaking dan Kontribusinya Terhadap Kompetensi Da'i. Jurnal Ilmu Dakwah, 201.

Annissa, J., & Putra, R. W. (2021). Pelatihan Public Speaking dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Pkbm Bakti Asih Ciledug Tangerang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 619-623.

Carnegie, D. (2017). How to develop self-confidence and influence people by public speaking. Simon and Schuster.

Fitria, R. A. (2022). Pelatihan Public speaking Untuk Menciptakan Komunikasi Efektif Pada Siswa SMKN 49 Jakarta Utara. IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 74-78.

Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2).

Hidayah, H., Ritonga, N. A., & Yani, A. (2022). PELATIHAN CONTEN CREATOR SUKSES PSB (PENERIMAAN SISWA/I BARU) MENGGUNAKAN ADOBE PHOTOSHOP DI YAYASAN HIDAYATULLAH BATAM. JURNAL AL MUHARRIK KARIMUN, 2(1), 13-17.

Nastia, N., Hastuti, H., Maulana, H. F., Susanto, R. I., & Aldin, A. (2022). Keterampilan Public Speaking dalam Konten Edukatif Melalui Media Tiktok pada Remaja Karantaruna Desa Wajah Jaya. Abdimas Singkerru, 2(2), 130-141.

Saputra, D., Jayanti, W. E., Meilinda, E., & Dharmawan, W. S. (2022). PELATIHAN KETERAMPILAN CONTENT CREATOR BAGI ANAK ASUH PANTI ASUHAN AHMAD YANI PONTIANAK. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 172-182.

Sirait, C. B. (2007). The power of public speaking: kiat sukses berbicara di depan publik. Gramedia Pustaka Utama.

Sulaiman, A., & Anisah, N. (2019). Analisis Kemampuan Public Speaking Kepala Sekolah Tingkat SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 4(2).

Diterbitkan

07-07-2023

Cara Mengutip

Nur A, H. I. ., Friskasari, C. ., Sabilla, S. W. ., Putri, Z. F. ., Farika, V. ., & Indainanto, Y. I. . (2023). Pelatihan Public Speaking bagi Content Creator di MAN 1 Kota Semarang. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(4), 1213–1218. https://doi.org/10.54082/jamsi.846